Depan Bupati Meminta Agar disentralisasi Pelayanan Kesehatan Di Desa

Bupati Meminta Agar disentralisasi Pelayanan Kesehatan Di Desa

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH membuka Musrenbang di Aula Kec. Subang, Kamis, (30/01/2020). Hadir dalam Musrenbang Camat Subang Indra Bayu Permana, S. STP, Muspika Kec. Subang, Tim Monitoring Kabupaten, Kepala Desa se- Kec. Subang, Kepala UPT / UPTD se- Kec. Subang, dan undangan lainnya.
 
Dalam Musrenbang Bupati mengatakan, manfaatkan musrenbang ini sebaik mungkin, untuk yang ingin tau perencanaan apa saja yang ada di desa nya bisa melihat situs Kuningan SIP ( sistem informasi perencanaan ), kita harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, apa yg pemda akan lakukan harus selaras dengan pemerintah provinsi, Kuningan MAJU harus selaras dengan Jabar Juara Lahir Batin.
 
Lebih lanjut Bupati mengatakan akses pendidikan untuk semua masyarakat, kita harus menuntut ilmu, rajin membaca, literasi nya harus baik, untuk menambah pengetahuan, dan bisa bermanfaat untuk orang lain, Hal tersebut akan membuat kemampuan sdm meningkat.
 
Bupati meminta agar disentralisasi pelayanan kesehatan di desa, ciptakan puskesmas yg luar biasa, tingkatkan pelayanan puskes di desa, tambah fasilitas puskes, pelayanan kesehatan di pusatkan di puskes desa, buat puskesmas bisa untuk rawat inap di 2020, agar masyarakat Subang bisa di layani dengan baik, untuk yang sakit tidak terlalu berat bisa di atasi di puskes desa, selesaikan masalah kesehatan di wilayah masing masing, semua puskes tidak hanya menunggu pasien, satu minggu sekali puskes harus melakukan sosialiasi kesehatan pada warga.
 
Untuk TOSS TBC, temukan penderita dan obati sampe sembuh, harus di sosialisasikan, cari warga yg kena ciri-ciri tbc di desa masing, kemudian di obati dan berikan semangat pada pasien bahwa penyakit tersebut bisa di sembuhkan, semoga 2030 sesuai keinginan pemerintah pusat bebas dari tbc, tbc bisa di sembuhkan.
 
Tumbuhkan ekonomi berbasis inovasi, berdikari dalam bidang ekonomi, basis ekonomi itu ada di desa, semua berawal dr desa, terkait inovasi, di desa nya ada apa, inovasikan alokasikan 10-15% dana desa utk pemberdayaan di masyarakat, jangan melulu hanya fisik saja yg di lakukan, manfaatkan semua potensi yg ada di desa, mau itu pertanian,peternakan dll, munculkan brand hasil desa,viralkan hasil desa dengan memanfaatkan teknologi.
 
Pengembangan destinasi dan infrastruktur, di subang memiliki air panas Cipanas, dan potensi-potensi lain nya mesti lebih di kembangkan lagi, peningkatan pendidikan keagaaman di desa, Dan bangun infrastruktur yg bisa mengkoneksikan ke wilayahaan.
 
Bupati berharap jadikan musrenbang ini sebagai wahana kebersamaan. Usai membuka kegiatan Musrenbang selanjutnya Bupati Kuningan meninjau hasil pembangunan diantaranya jembatan penghubung antar desa antara blok desa ke dusun bojong, membuka akses jalan yang tadinya tertutup dari arah Desa Bangun jaya Kabupaten Kuningan ke perbatasan Kabupaten Ciamis.
 
Kemudian Bupati rencananya akan membangun kembali jalan penghubung sepanjang 1 KM yang menghubungkan antara Desa Bangunjaya Dusun Bojong Kabupaten Kuningan ke Desa Janggalaharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Mudah-mudahan dengan terbukanya akses jalan dapat memudahkan masyarakat beraktivitas dan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi.